Selasa, 20 Oktober 2009

Kebonwaru, 8 Oktober 2009


Seperti hasil pada evaluasi sebelumnya, dalam proses pendampingan anak-anak di Rutan Kebonwaru akan dicoba pembagian peran antara para relawan dengan anak-anak yang dianggap bisa memimpin teman-temannya yang lain. Maka dalam pendampingan kali ini, kami memilih beberapa orang yang akan membantu kami dalam proses pendampingan. Sebenarnya, boleh jadi peran yang akan diemban anak-anak terpilih itu akan lebih besar dari para relawan. Dan selanjutnya, peran kami hanya menjadi fasilitator dalam pengertian yang sangat terbatas, toh segalanya dirumuskan dan dilakukan anak-anak itu sendiri.
Seperti biasa sekira pukul 10.00 WIB, saya, Zamzam, Anita, Oka dan Bram mulai memasuki gerbang Rutan Kebonwaru. Setelah beberapa saat kami menunggu anak-anak di Ruang Pendidikan, satu-persatu anak pun masuk ruangan. Dan mulailah Anita membuka kegiatan dengan sebuah simulasi sederhana.
Hari ini tak banyak yang kami lakukan, selain bersilaturahmi dengan anak-anak selepas Lebaran kemarin, kami berbincang-bincang dengan anak-anak sambil sedikit evaluasi beberapa kegiatan yang lalu. Setelah itu, kami memanggil beberapa anak yang kami pilih menjadi leader bagi anak-anak yang lain.
Masih dengan core kelompok minat, para leader ini akan memandu kawan-kawannya untuk menyusun rencana kegiatan dan merumuskan daftar kebutuhan. Adapun fasilitasi sarana prasarana dan kontrol anak-anak tentu saja masih kami lakukan. Penunjukkan beberapa anak sebagai leader sebenarnya untuk lebih memberi ruang partisipasi lebih banyak bagi beberapa anak yang dianggap senior karena lebih dahulu masuk dan lebih lama masa tahanannya dibanding anak-anak yang lain. Tentu saja hal ini tidak dimaksudkan untuk mengistimewakan beberapa anak itu dari anak-anak yang lain.
Dalam beberapa obrolan, saya dapati beberapa anak yang cukup lama berada di tahanan dan sering dianggap senior, akan dibebaskan secara begiliran mulai bulan Oktober ini sampai Januari 2010 nanti. Sisanya adalah anak-anak dengan masa tahanan cukup pendek, sekira 3-4 bulan. Melihat kenyataan ini, sepertinya ada beberapa hal yang mesti kami ubah dari rencana sebelumnya.
Kegiatan pun berakhir. Sebelum pulang, kami mengumpulkan dan memberi beberapa penjelasan kepada anak-anak yang kami pilih menjadi leader. Meski nampak agak kebingungan, anak-anak itu pun bersedia membantu kami. Selanjutnya, kami berpamitan pulang.

Izoel.081009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar di sini.
No SPAM ya.