Selasa, 06 Oktober 2009

Catatan Evaluasi Pendampingan Anak Rutan Kebonwaru

Kliningan, 3 Oktober 2009


Arah pembicaraan evaluasi ini cenderung pada pembagian peran dalam proses pendampingan baik kepada anak-anak ataupun beberapa tahanan dewasa. Kang Dan mengungkapkan perbincangannya dengan Pak Hari, salah seorang dari pihak Rutan Kebonwaru, tentang penunjukkan beberapa tahanan dewasa yang akan dilibatkan dalam pendampingan secara bergantian pertigabulan. Meski ada kekhawatiran akan adanya pengaruh buruk bagi anak dari para tahanan dewasa, kami berharap pihak rutan lebih selektif dalam menunjuk beberapa tahanan dewasa yang akan turut mendampingi anak.
Sementara itu, Zamzam dan Oka lebih menyoroti pada pemilihan beberapa anak yang dianggap bisa menjadi leader bagi anak-anak yang lain. Dalam pengamatan kami, ada beberapa anak yang mempunyai potensi dalam beberapa bidang tertentu dan memiliki kapasitas untuk menjadi pemimpin bagi teman-temannya. Sehingga pantas bagi beberapa anak tersebut diberi peran lebih dari teman-temannya yang lain. Proses penunjukkan beberapa anak menjadi leader ini pun dapat mendorong partisipasi anak dalam kegiatan pendampingan lebih maksimal.
Atas dasar gagasan di atas, maka kami sepakat merumuskan beberapa langkah yang akan dilakukan dalam 3 bulan ke depan perkelompok minat. Kelompok Drama merencanakan hal-hal sebagai berikut :
- Menginventarisir pengalaman-pengalaman positif dari setiap anak
- Memilih salah satu pengalaman yang memiliki banyak peran untuk dijadikan sebuah skenario drama
- Salah satu pengalaman tadi akan dibuat menjadi sebuah skenario besar drama yang akan dipentaskan
Kelompok Kriya akan melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
- Menghimpun beberapa hasil kreativitas berdasar pengalaman anak
- Menunjuk beberapa anak yang mempunyai kemampuan pada suatu kreativitas tertentu sebagai tutor bagi teman-temannya yang lain
Adapun Kelompok Musik lebih mirip denga hal-hal yang telah mereka lakukan beberapa waktu yang lalu, yaitu:
- Menghimpun pengalaman-pengalaman anak
- Mengubah pengalaman-pengalaman tadi menjadi syair lagu
- Setelah menjadi syair kemudian diubah menjadi beberapa lagu
Di samping menyoroti pembagian peran dalam pandangan, kami pun membahas tentang proses trauma healing anak-anak yang masa tahanannya pendek. Kami merasa perlu membagi antara anak-anak dengan masa tahanan lebih dari 1 tahun dan anak-anak dengan masa tahanan kurang dari 1 tahun. Hal ini kami lakukan karena proses penanganan 2 kelompok anak ini sangat berbeda.
Untuk melakukan proses trauma healing ini kami memercayakannya kepada Anita dan Yulia. Trauma healing ini dilakukan atas dasar pengamatan kami yang menilai bahwa setiap anak tidak siap dan tidak nyaman memasuki tahanan. Ketidak siapan dan ketidak nyamanan ini berdampak pada kondisi mental dan psikis anak, sehingga mereka akan sangat memerlukan proses pemulihan mental dan psikis (rehabilitation & recovery).

Izoel.031009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar di sini.
No SPAM ya.